Info Lengkap Lowongan CPNS & PPPK 2024, Cek di Sini!

Jakarta, CNBC Indonesia РPemerintah secara resmi telah mengumumkan pembukaan lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK 2024. Lowongan dibuka untuk 2,3 juta calon.

Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Nanang Subandi menyampaikan saat ini masih dalam tahap pembahasan antara instansi pemerintah yang tergabung dalam Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas. BKN bersama KemenPANRB juga tengah merumuskan tindak lanjut menyangkut penetapan kebutuhan, kriteria dan agenda seleksi sejak Sabtu, 6 Januari 2024 lalu.

“Sejak Presiden mengumumkan kebijakan rencana pengadaan CASN 2024 secara langsung pada 5 Januari 2024, Panselnas melalui BKN dan KemenPANRB langsung melakukan pembahasan tindak lanjut secara bertahap dan hari ini 9 Januari Panselnas juga menginisiasi pembahasan teknis rekrutmen dengan instansi pemerintah,” ungkapnya dikutip CNBC Indonesia, Kamis (11/1/2024)

“Untuk informasi lebih lanjut menyangkut kriteria dan jadwal seleksi akan diumumkan secara resmi kepada publik sesuai dengan Keputusan Panselnas. Masyarakat silakan memantau secara berkala informasinya melalui laman resmi BKN (website dan media sosial) dan jangan merujuk pada sumber informasi yang tidak resmi untuk menghindari informasi palsu atau tidak valid,” terangnya.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja berharap untuk tahap pertama diharapkan semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (K/L/D) dapat memasukkan data dalam platform digital. “Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya,” ungkapnya Aba.

Lulusan baru alias fresh graduate mendapatkan jatah yang lumayan banyak dari sebelumnya, dengan formasi calon pegawai sipil negara (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang. Kemudian bagi tenaga non-ASN atau honorer akan dibuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)

Adapun, pemerintah berencana melakukan rekrutmen CASN 2024 sebanyak maksimal tiga kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, dia berhadap pemerintah segera mengajukan formasi.

“Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi berdampak bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM,” jelasnya.

Cara Pendaftaran CPNS 2024 :

– Masuk situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau klik link berikut.
– Buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK)
– Log in dengan memasukkan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan
– Lengkapi biodata
– Pilih jenis seleksi formasi instansi dan jabatan sesuai pendidikan
– Lengkapi data pendidikan
– Unggah dokumen persyaratan.
– Periksa kelengkapan semua hasil yang diunggah
– Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran
– Verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar
– Jika seleksi administrasi dinyatakan lulus, cetak kartu ujian di akun SSCASN
– Panitia seleksi instansi akan mengumumkan informasi kelulusan pelamar
– Pemberkasan dan Penetapan NIP

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS 2024

– Kartu keluarga
– Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
– Ijazah
– Transkrip Nilai
– Pas foto
– Swafoto/selfie
– Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar. https://mesintik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*